Kamis, 30 Mei 2013

PENGERTIAN DAN KEGUNAAN PING

Kamis, 30 Mei 2013

PENGERTIAN DAN KEGUNAAN PING


Pengertian dan Fungsi PING pada Command Prompt di PC
, Ping merupakan singkatan dari (Packet Internet Groper) adalah program atau sebuah perintah yang digunakan untuk mengecek konektivitas sebuah jaringan. Ping biasanya dipakai menggunakan media Command Prompt di laptop/PC. Command Prompt itu sendiri sering disingkat CMD.

Fungsi utama ping untuk mengecek sebuah koneksi jaringan. Pemahan mudahnya yatitu untuk mengetahui apakah sebuah komputer sudah terhubung dengan komputer lainnya melalui media jaringan misalnya Internet, LAN, dll. Dengan cara ini kita bisa menguji sebuah network apakah sudah terhubung atau belum dengan melihat statistik di CMD.

PING
Cara kerja Ping ini yaitu dengan metode mengirim paket data melalui IP komputer/perangkat lain dan menunggu respon. Jika ada respon yang bersifat positif berarti kedua perangkat/PC sudah terhubung. Dengan begitu kedua komputer bisa melakukan akses melalui jaringan untuk berbagi data, koneksi, atau hal yang lainnya. Di dunia internet ataupun di jaringan lokal ping sangat bermanfaat, karena bisa membantu mengetahui konektivitas jaringan dengan cepat.
Sebagai contoh misalnya sobat putrakomputer.com sedang menggunakan modem internet lalu ingin mencoba apakah modemnya sudah online dan terhubung ke dunia internet global bisa mengeceknya melalui command prompt. Silahkan buka COmmand Prompt di pc dengan cara tekan di keyboard WIN(Menu) + R. Lalu ketikkan CMD, dan enter. Setelah terbuka ketikkan perintah Ping www.google.com lalu Enter jika ada respon/reply berarti sudah terhubung, seperti gambar berikut;

Ping

Contoh di atas merupakan cara mengecek koneksi internet. Sebenarnya lebih praktis buka saja browser. ketikkan web yang ingin dibuka. Jika terbuka berarti terhubung ke jaringan internet, namun jika sobat menggunakan jaringan lokal (LAN) tentu akan kesulitan untuk itu dibutuhkan ping tersebut.

Pada jaringan LAN (Local Area Network) biasanya kita menggunakan IP address, apabila sobat ingin bemain game online LAN ini akan membantu. Sobat hanya perlu menggunakan perintah seperti di atas dan menggantiwww.Google.com dengan IP PC lain yang sedang terhubung. COntohnya seperti ini,

Ping

Gambar di atas menunjukkan bahwa tidak ada konektivitas jaringan pada LAN silahkan cek IP nya atau kabel yang terhubung ataupun wireless perangkat. Lalu ulangi langkah di atas. Jika ada respon berarti sudah terhubung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar